Cara Membuat Copywriting – Sudah Tahu Kan?
Dalam sebuah bisnis, promosi itu memiliki peranan yang SANGAT PENTING. Kenapa?
Karena dengan adanya promosi kita dapat menarik perhatian konsumen untuk melihat, mengenal bahkan membeli produk-produk yang kita jual. Semakin menarik promosi yang kita berikan, semakin meningkat pula hasil jualan kita, itu artinya semakin banyak uang yang masuk ke bisnis kita. Dan biasanya, semakin banyak uang yang masuk, itu artinya semakin banyak penghasilan yang bisa kita dapatkan.
Iya atau iya?? Hehe
Karena hal inilah kita harus sadar bahwa promosi itu penting dalam perjalanan bisnis kita. Karena secara tidak langsung promosi berpengaruh ke penghasilan kita.
Bicara tentang promosi , maka kita akan selalu bertemu yang namanya Iklan. Dan iklan ini tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya Copywriting. Maka disini saya coba sedikit jelaskan bagaimana Cara Membuat Copywriting dengan mudah.
Apa Itu Copywriting?
Menurut Wikipedia, Copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya. Produk yang disebut copy atau sales copy adalah konten tertulis yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan pada akhirnya membujuk seseorang atau kelompok untuk melakukan tindakan tertentu.
Perhatikan kalimat diatas.
Jika diambil poin-poinnya, Copywriting itu:
- Tulisan
- Pemasaran
- Membujuk/mempengaruhi dan meyakinkan
- Melakukan tindakan tertentu
Jadi, terjemahan simpelnya
Copywriting adalah tulisan yang digunakan untuk memasarkan sesuatu dengan cara mempengaruhi dan meyakinkan, agar siapapun yang membaca tulisan itu melakukan sesuatu.
Mindset Copywriting
Pada dasarnya, Copywriting adalah PENGGANTI KOMUNIKASI.
Nah, dalam prinsip komunikasi, komunikasi yang baik adalah ketika orang lain PAHAM apa yang kita sampaikan.
Inilah alasan banyak orang gagal dalam membuat Copywriting, alias gagal menjual produk mereka. Mohon maaf, karena kebanyakan orang hanya menulis secara asal, tidak berusaha membuat pembacanya paham dengan apa yang mereka jual.
Karena itu, saat Anda membuat iklan, yang Anda harus lakukan pertama kali adalah berusaha untuk membuat pembaca iklan Anda paham dengan apa yang Anda tawarakan.
Lalu bagaimana cara menulis Copywriting yang baik?, langsung saja kita bahas.
Cara Menulis Copywriting

Sebenarnya ada banyak sekali pola yang bisa Anda peajari dalam membuat sebuah Copywritig. Tetapi yang akan saya bahas kali ini yaitu menulis Copywriting dengan Formula AIDA.
Formula AIDA ini bisa membantu Anda menulis Copywriting dengan lebih cepat, lebih baik dan lebih mudah dari sebelumnya.
Apa sih AIDA itu?
AIDA adalah singkatan dari:
- A = Attention
- I = Interest
- D = Desire
- A = Action
Formula ini sudah berurutan, tidak bisa dibalik-balik.
Pertama Attention
Alias dapatkan perhatian target pasar Anda.
Jika kita tidak bisa membuat target pasar tertarik membaca iklan kita, maka kita tidak punya kesempatan untuk menjelaskan produk yang kita miliki. Dan itu artinya tidak akan ada penjualan.
Agar bisa menarik perhatian target pasar, maka kita perlu menggunakan Headline.
Buat yang belum tahu, secara sederhana Headline adalah kalimat awal dalam iklan Anda.
Fungsi Headline adalah membuat orang mau membuka iklan kita. Karena itu, headline haruslah menarik dan bisa membuat orang penasaran
Salah satu rumus yang bisa digunakan untuk membuat Headline yaitu:
Bagaimana (Manfaat) tanpa (Hambatan)
Contoh Headlinenya seperti ini:
- Bagaimana cara mendapatkan 10 juta perbulan tanpa harus kekantor
- Bagaimana turun 10 kg tanpa diet ketat
Selain Headline, Anda juga bisa menarik perhatian target pasar dengan video atau gambar.
Kedua, Buat Tertarik
Setelah mencuri perhatian pembaca, buat mereka untuk tetap membaca setiap tulisan Anda.
Pada poin ini, berceritalah sesuatu yang menarik untuk mereka. Buat mereka mengangguk angguk membaca tulisan Anda. Anda bisa bercerita sesuatu yang menyentuh sisi emosional, menyajikan fakta-fakta, memberitahu hasil riset, atau yang paling mudah dilakukan adalah Anda bisa mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan masalah target pasar Anda.
Gunanya bagian ini adalah untuk membangun hubungan dengan pembaca. Karena jika hubungan telah terbangun, maka jualan akan jadi lebih mudah.
Ketiga, Buat Kepingin
Di tahap ini, mulai jelaskan solusi berbentuk produk atau jasa kepada pembaca iklan Anda. Beritahu mereka Anda punya sesuatu yang mereka cari. Jelaskan produk Anda sejelas-jelasnya.
Dan jangan lupa, berikan penawaran yang sangat menarik sehingga pembaca sulit menolaknya. Beritahu kerugian yang mereka dapatkan ketika menunda membeli produk Anda atau Anda juga bisa memberitahu keuntungan yang bisa didapatkan jika mereka membeli tanpa menunda.
Terakhir, Beritahu Apa Yang Harus Mereka Lakukan
Setelah semua itu, beritahu pembeli hal spesifik yang harus mereka lakukan.
Apakah membeli, menghubungi siapa, daftar dengan cara apa, isi form, klik link, atau apa?
Beritahu secara jelas, karena jika bagian ini tidak jelas, maka iklan Anda hanya jadi susunan kalimat dan tidak menghasilkan apa-apa.
Itulah Formula AIDA, dapatkan perhatian target pasar, buat mereka betah membaca iklan Anda, jelaskan manfaat produk Anda, dan arahkan mereka untuk melakukan sesuatu.
Anda bisa gunakan formula ini untuk menulis iklan Anda.
Gimana? Mudah kan?
Smoga bermanfaat ^-^